Agar Tanaman Kapu Kapu Berbuah Lebat

JAKARTA, KOMPAS.com —
Harga embalau yang tinggi di murahan, sebenarnya dapat disiasati dengan menanamnya sendiri di pekarangan rumah.

Untuk merawat dan membuat tanaman cabai berbuah lebat hingga dapat memenuhi kebutuhan flat tangga, tanaman cili harus diberi jamur yang tepat.

Dilansir dari laman Kementerian Pertanian RI, Kamis (18/3/2021), sahang rawit alias sahang kerdil (Capsicum frutescens) termasuk internal famili Solanaceae dan merupakan tanaman berumur jenjang (menahun) dan bisa hidup setakat 2-3 tahun apabila dipelihara dengan baik dan kebutuhan haranya tercukupi.

Baca juga: Kunci Mudah Menguasai Patera Cabai nan Mengeriting

Terdapat beberapa macam lada kutuk antara enggak rawit kecil, madya dan besar. Biasanya lada burung kecil rasanya terlampau pedas.

Lada api digunakan bagi sayur, bumbu masak, asinan dan obat. Budidaya cabai rawit secara umum tidak berlainan positif dengan budidaya cabai abang.

Doang nan harus diperhatikan adalah jarak tanam dan pemupukannya. Sebab, umurnya nan tataran, pemupukan yang diperlukan juga jadi makin banyak.

Lazimnya tumbuhan lada api lebih resistan terhadap penyakit dibanding cabai yang lainnya.

Tanaman cabai rawit sesungguhnya bisa ditanam di dataran rendah alias strata. Karena itulah, anda dapat mengetanahkan cabai di pekarangan rumah tanpa kamu harus tinggal di lingkungan dengan suhu tertentu.

Baca kembali: Ini Jenis Jamur agar Pohon Cabai rawit di Polybag Bertelur Deras

Tetapi tanaman ini makin semupakat ditanam di izzah antara 0-500 m dpl. Produksi lega ketinggian di atas 500 m dpl lain jauh berbeda namun musim panennya bertambah panjang.

Tanaman ini sangat suka semangat di tanah yang bergembut-gembut, bakir akan alamat organik dan pH netral (6-7).

Pupuk dasar

Pemupukan cengek disesuaikan dengan kondisi lahan spesifik lokasi. Kebutuhan pupuk meliputi pupuk kandang, pupuk urea 200-300, SP-36 dan KCl. Pemberian pupuk kandang dan kapur pertanian dilakukan ketika pembuatan bedengan.

Pemberian pupuk asal ini dilakukan sebelum pemuatan mulsa sebanyak setengah dosis.

Kawul susulan

Pemupukan susulan bermaksud kerjakan memenuhi hara pada tanaman sreg fase vegetative hingga generative sediakala dengan pendirian dicairkan apalagi suntuk.

Pencairan pupuk ini bertujuan mudah-mudahan hara nan dibutuhkan pada pokok kayu cabai menjadi cepat tersedia dan cepat pula diserap oleh tanaman sehingga pertumbuhan tanaman akan menjadi baik dan sehat.

Ilustrasi tanaman cabai di dalam pot.
PIXABAY/LEELUU
Ilustrasi pokok kayu lada di kerumahtanggaan pot.

Perabukan susulan diberikan pron bila tanaman berumur 1-4 minggu, menggunakan sisa serabut pangkal.

Pemupukan susulan ini boleh dberikan dengan kaidah dikucurkan, setiap tanaman disiram dengan 150-250 ml cairan cendawan. Cair rabuk dibuat dengan mengencerkan 1,5- 3 kg pupuk buatan saban 100 liter air.

Baca pun: Buah Merica Sungkap dan Busuk? Lalat Buah Mana tahu Penyebabnya

Pemupukan susulan nan digunakan adalah NPK bila dikonversikan maka konsentrasi nan digunakan merupakan sebanyak 15-30 gram sendirisendiri 1 liter air.

Pupuk yang dilarutkan kemudian diaplikasikan dengan prinsip dikucurkan ke persil di sekitar tanaman.

Pemupukan susulan dilakukan dengan pemberian larutan cendawan NPK, dilakukan setiap ahad sejak tanaman berumur 7 hst. Perabukan selanjutnya dilakukan 2 minggu sekali.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Ayo menyatu di Grup Kawat “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://kaki langit.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih lalu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/18/151000876/teknik-pemupukan-cabai-rawit-ala-petani-agar-berbuah-lebat?page=all