Agar Tanaman Jeruk Kasturi Berbuah

Sitrus nipis mutakadim menjadi keseleo satu suplemen wajib dalam setiap masakan Nusantara. Bukan heran kalau b

anyak orang n kepunyaan persediaan jeruk nipis di rumah. Namun, biar tidak repot membeli, tidak ada salahnya Mama Papa menanam sitrus nipis di rumah. Tenang, cara menanam jeruk nipis di rumah adv amat sederhana, cak kenapa.

Jeruk nipis yakni keseleo satu biji zakar nan layak terkenal di Indonesia. Selain sebagai campuran teh, jeruk nipis juga kerap digunakan sebagai bumbu dapur, pelelang tradisional, sebatas perumpamaan preservasi wajah alami. Mengintai popularitasnya, tidak heran banyak hamba allah mulai berburu mandu menanam jeruk nipis sendiri di flat.

Ketertarikan memakamkan jeruk nipis di rumah sebenarnya dibarengi dengan meningkatnya tren berhuma di tengah pandemi COVID-19. Lebih lagi diperkirakan menyelamatkan sayuran, buah, dan bervariasi tanaman herbal di flat setia menjadi salah satu tren berhuma di 2022.

Buat Mama Papa yang pengin menyedang menaman jeruk nipis di rumah bukan perlu khawatir, pasalnya kita tak membutuhkan kapling luas bagi menanam sitrus nipis, kok. Karena kita bisa memakamkan jeruk nipis di dalam pot!

Mari, simak prinsip menanam jeruk nipis di jambang agar bertaruk subur dan cepat berbuah berikut ini:

1. Tentukan metode mengetanahkan jeruk nipis

Terserah dua metode menanam jeruk nipis nan bisa dipilih. Pertama metode vegetatif, atau menanam jeruk nipis berpunca setek atau okulasi (menyuntikkan). Kedua dengan metode generatif, ataupun menanam jeruk nipis dari biji.

Metode vegetatif dikenal bertambah simpel. Karena kita hanya perlu melakukan setek atau mencangkok pohon jeruk nipis. Cuma saja, kita harus melembarkan indukan tumbuhan jeruk nipis nan berbuah lebat, akar yang kuat, dan memiliki dahan sekitar sengkang 3 cm. Sehingga dapat menghasilkan “keturunan” yang juga baik.

Sebaliknya, metode generatif membutuhkan waktu panen yang tekor lebih tinggi. Meskipun begitu, metode menanam jeruk nipis satu ini memadai banyak peminatnya. Sebab, kita semata-mata teradat menguburkan biji jeruk nipis secara langsung pasca- digunakan.

2. Pilih bibit jeruk nipis

Seandainya jatuh cinta menggunakan metode generatif, pasti saja harus dimulai dengan pemilihan bibit jeruk nipis terbaik mudah-mudahan biji zakar nan dihasilkan juga bagus dan lebat. Ekstrak terbaik bisa didapatkan bersumber biji jeruk nipis yang sudah tua renta dan berasal berbunga biji zakar nan bagus.

3. Jemur poin jeruk nipis

Setelah mengumpulkan bibit terbaik, prinsip menguburkan sitrus nipis di jambang dilanjutkan dengan menohorkan bijinya. Patut jemur kredit jeruk nipis di bawah sinar matahari sinkron selama 2-3 masa. Tujuannya bakal menghilangkan lendir yang menudungi permukaan angka sitrus nipis.

4. Siapkan media tanam

Sambil menunggu bijinya gersang, cara memakamkan jeruk nipis agar cepat berbuah berikutnya yaitu menyiapkan media tanam di jambangan. Gunakan campuran kapling, kompos, dan pasir dengan perbandingan 2:1:1 misal wahana tanam jeruk nipis sepatutnya tumbuh subur.

Letakkan pecahan genteng maupun pecahan batu sebagai lapisan pangkal pot. Tujuannya meski wahana tanam tidak hanyut terkesan air ketika disiram. Setelah itu, Mama Boke bisa memasukkan sarana tanam menunaikan janji 2/3 ukuran pot.

Baca Juga: 4 Metode Tanam di Petak Sempit, Mudah Nggak Ribet!

5. Tanam bibit sitrus nipis

Apabila poin sudah mengering, mandu mengetanahkan jeruk nipis berikutnya yaitu penanaman konsentrat. Buat gorong-gorong pada wahana tanam sedalam 5-7 cm, dan masukkan 2-3 biji jeruk nipis yang telah dikeringkan ke dalamnya. Setelah itu, tutup terowongan dengan sisa media tanam dan guyur secukupnya.

6. Hindari sinar matahari

Tanaman jeruk nipis tidak disarankan untuk diletakkan di pangkal sinar mentari langsung di awal proses penanaman.

Letakkan pot jeruk nipis di tempat teduh sejauh 1-2 minggu terlebih silam. Setelah itu, kita bisa mengeluarkan dan menaruh pot jeruk nipis di bawah panah matahari langsung agar tumbuh berkecukupan.

7. Lakukan penjagaan jeruk nipis

Melakukan perawatan menyeluruh tercantum internal salah satu mandu menguburkan jeruk nipis sepatutnya berbuah lebat. Siram tanaman jeruk nipis lega pagi dan sore perian. Jangan pangling membagi pupuk setiap 4 bulan sekali.

Mama Papa kembali dapat menaburkan garam Inggris sebanyak satu spatula makan setiap sebulan sekali. Sebab, garam Inggris dapat membangatkan pertumbuhan tanaman jeruk nipis di vas agar tumbuh subur dan sehat, lo!

8. Panen sitrus nipis

Kalau sudah berbuat cara menanam dan perlindungan jeruk nipis di pot dengan benar, kita bisa memanen jeruk nipis setelah berusia 8 bulan. Hindari pial buah jeruk nipis dengan tangan secara langsung. Gunakan gunting partikular untuk menusuk buah jeruk nipis hendaknya tidak merusak tangkainya, ya!

Nah, itulah kaidah menanam jeruk nipis di jambangan sepatutnya tumbuh subur dan punya buah yang banyak. Mari, kita siap-siap berkebun, Mama Papa!

Baca Sekali lagi: Mandu Memakamkan Kelengkeng berpunca Nilai mudahmudahan Cepat Berakibat

Source: https://berkeluarga.id/2022/03/22/cara-menanam-jeruk-nipis-di-pot-agar-cepat-berbuah-lebat/