BungaBunga.Co.Id
– Jeruk nipis termuat dalam batih jeruk-jerukan yang dulu terkenal dan tersebar luas di seluruh dunia karena n kepunyaan aturan unik dan berbagai keunggulan. Akrab semua bagian buah mempunyai manfaat seperti daun, kulit dan buahnya.

Jeruk nipis memiliki susuk buah bulat sebagaimana telur dan dandan bau kencur hingga kuning. Ada petro atsiri dalam kulit buah jeruk nipis, yang lazim digunakan sebagai bibit minyak wangi.

Cara-Menanam-Jeruk-Nipis
Cara Mengetanahkan Jeruk Nipis

Penumbuhan jeruk nipis boleh dilakukan dengan menggunakan halaman rumah, yang menerima banyak cerah surya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk budidaya jeruk nipis yang boleh Anda coba.

Cara Memakamkan Jeruk Nipis

Syarat Tumbuh

Sitrus nipis dapat ditanam di heterogen jenis tanah sama dengan aluvial, podsolik, latosol dan jenis tanah lainnya. Selain itu, tanaman ini bisa atma di kebesaran 10-1000 meter di atas satah laut. Keasaman (pH) tanah nan cocok adalah 5-6.

Kurat matahari sangat dibutuhkan makanya tanaman jeruk. Karena itu, daerah tanam jeruk nipis harus bebas berasal naungan. Jeruk nipis tumbuh dengan baik di provinsi beriklim menengah dengan presipitasi spesies D (2-5 bulan di musim hujan abu dan 6-9 di musim kering).

Persiapan Petak

  1. Bersihkan gulma dan tanaman nan mengganggu dari petak untuk digunakan sebagai lokasi penanaman.
  2. Kemudian tanah yang ceria dapat digemburkan dengan membajak atau bisa sederum membuat liang dengan matra 50 x 50 cm dan kedalaman 40 cm dan jarak korok kira-kira. 6m x 6m.
  3. Masukkan pupuk dasar intern bentuk kompos atau pupuk kandang.
  4. Masukkan lagi tanah mantan lombong hingga seketul dari lubang dan biarkan lubang selama 2-3 waktu.
  5. Sekiranya tanahnya terlalu asam, Anda dapat menambahkan kapur pertanian atau dolomit ke lubang tanam.

Persiapan Semen

  1. Penghutanan ini menggunakan semen yang berasal dari hasil cangkokan atau hasil okulasi. Tujuannya tentu semata-mata adalah untuk mencapai hasil maksimal dengan pengetaman yang lebih cepat.
  2. Pastikan mani nan digunakan berkualitas tinggi.

Proses Penghijauan

  • Pasca- semen dan lahan selesai, langkah selanjutnya adalah menanam jauhar.
  • Waktu terbaik buat menanam adalah di tadinya musim hujan.
  • Buka esensi perlahan-tanah berusul polibag dengan merobek polibag lalu masukkan jauhar dengan ketat ke dalam lubang tanam.
  • Tutup lubang dengan tanah tipis agar pokok kayu tetap berdiri tegak
  • Kemudian lakukan penyiraman.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyulaman

  1. Kerjakan Penyulaman sekiranya ada ponten katai, pertumbuhannya enggak protokoler atau hening.
  2. penyulaman harus dilakukan selekasnya mungkin agar pohon dapat tumbuh merata.

Penyiangan

Bersihkan gulma atau tanaman liar nan merecup di sekeliling pohon jeruk nipis agar pertumbuhan jeruk nipis tidak terganggu.

Pendirusan

  1. Guyur secara integral sedikitnya seminggu sekali ataupun tergantung kondisi tanah dan cahaya.
  2. Usahakan kerjakan tidak menyiram tidak berlebihan setakat menggenang karena ini dapat menyebabkan pembusukan akar tunggang.

Fertilisasi Susulan

Fertilisasi selanjutnya dilakukan buat menyentuh pertumbuhan pokok kayu yang optimal. Pemupukan susulan digunakan jika tanaman berusia lebih dari 5 wulan.

Selain itu, perabukan berlantas setiap 3 hingga 4 rembulan. Pupuk dapat menggunakan serat organik atau pupuk ilmu pisah (urea, KCL, TSP) dengan nisbah 2: 1: 1 maupun pupuk berbagai macam NPK 15:15:15.

Pemangkasan

  1. Pemangkasan untuk tanaman jeruk nipis diperlukan agar tumbuhan punya bentuk simetris dan dapat menyerap sorot matahari dengan sempurna.
  2. Pemangkasan dibuat detik tanaman sudah menyentuh mahamulia minimum 1 meter di atas tanah. Metode pemangkasan ialah memilih 3-5 semi bagi digunakan sebagai cabang baru dan sisanya akan dipotong.
  3. Tumbuhan biasanya dipangkas setahun sekali sampai batangnya mencapai kemuliaan selingkung 20 cm.

Mempercepat Pembungaan

  1. Cak bagi mempercepat proses pembungaan, Anda bisa menunggangi teknik stresing air. Caranya adalah tanaman sebaiknya bukan disiram sepanjang 7 musim. Kemudian siram dengan air secara bertahap selama tiga hari. Lalu keringkan lagi selama seminggu.
  2. Lakukan keadaan tersebut selama 4-6 ahad berturut-masuk.
  3. Anda juga dapat menambahkan 50 gram pupuk TSP saban tanaman atau kawul bunga dan buah untuk mengoptimalkan anakan dan buah.

Seleksi Biji pelir

Buatlah otoritas cak bagi pembuahan dengan membuang biji zakar permulaan. Yuridiksi ini diperlukan bagi merangsang tunas yang gemuk dan bikin mendekatkan musim dari.

Lakukan pemilihan biji pelir dengan membuang biji kemaluan yang berdekatan. Tujuannya sebaiknya pertumbuhan buah bertambah optimal. Sisakan selingkung 1-3 buah pada kunarpa. Penyaringan dilakukan saat buah-buahan masih berukuran kelereng.

Pengendalian Hama dan Problem

Jeruk nipis bertambah tahan terhadap hama dan problem dibandingkan tanaman enggak. Mencegah hama dan keburukan yang bisa mengganggu tanaman tak berjasa bahwa ini tidak teradat. Segera telaah hama dan penyakit yang bisa merusak batang atau buah dengan racun hama nan direkomendasikan.

Selain hama dan penyakit, parasit merupakan ki aib yang rata-rata menyerang tanaman jeruk nipis. Lakukan pemusnahan segera seandainya parasit menempel sreg cabang.

Panen jeruk nipis

  1. Tanaman sitrus nipis menghasilkan buah lakukan pertama kalinya ketika tanaman berumur 2 sebatas 3 tahun. Dengan panen pertama ini, buah yang dihasilkan masih kecil.
  2. Produktivitas buah meningkat ketika tanaman berumur 4 hingga 5 tahun dan hasil lazimnya 20 kg per pohon terjangkau.
  3. Dan akan memuncak ketika tumbuhan berumur 7-15 tahun dan memiliki hasil rata-rata 50 kg tiap-tiap pohon.
  4. Biji pelir yang siap panen berwarna plonco kekuningan, tidak bersisa gentur, atau terlihat panjang usus saat dipegang.

Demikianlah pembahasan adapun
cara mengebumikan jeruk nipis
semoga dapat penting untuk kamu.

Baca Juga Kata sandang Lainnya

  • 15 Cara Menyelamatkan Alpukat Cak agar Cepat Berbuah
  • 9 Cara Memakamkan Bawang Merah di Pot
  • 12 Cara Menanam Kacang Hijau agar Cepat Tumbuh