Agar Tanaman Cepat Buah Kupas Kambium

Ada banyak cara yang boleh dilakukan untuk percepatanagar pohon cepat berbuah. Beberapa cara di antaranya pelukaan dan pengerokan. Cara ini sudah lama dilakukan orang untuk merangsang pohon agar cepat bertelur.

Alasan utama tanaman yang dilukai akan cepat berbuah adalah karena terhentinya zat nutrisi. Ketika pohon dilakukan pelukaan, pengangkutan zat tembolok hasil fotosintesis dari tajuk ke akar tunjang akan terganggu.

Hasil respirasi tersebut akan menambun puas batang, cabang, ranting, dan daun. Penimbunan tersebut akan mendorong proses pembungaan tumbuhan menjadi bertambah cepat. Seandainya pembungaan makin cepat, proses pembuahan pun akan jadi makin cepat.

Pelukaan lega pangkal buntang biasa disebut dengan penyunatan. Sementara, pelukaan pada gala batang disebut kembali sebagai pencacahan. Kedua jenis pelukaan bisa dilakukan lega pohon buah berbatang keras. Tanaman tersebut sekali lagi tahan terhadap luka jangat sebagaimana nangka, mangga, dan sirsak.

Tata pendirian pelukaan tersebut mirip dengan mencangkok. Luka yang dihasilkan harus menembus hingga ke kambium. Lendir puas kambium makin baik dihilangkan sehingga terlihat jaringan kayunya.

Bedanya, plong pencangkokan akan menghasilkan lebar luka sebesar 10—20 cm ke sekeliling layon tanaman. Sementara, puas cara pelukaan, kulit tanaman dilukai dengan tidak beraturan.

Pelukaan pada akar dan pongkol batang sulit dilakukan oleh khalayak. Hal itu karena pelukaan puas bagian tersebut lalu riskan. Jika Ia cak hendak mengamalkan pelukaan puas episode akar, seyogiannya segera oleskan parafin, cat, atau ter. Pengolesan tersebut berfungsi agar terhindar dari infeksi jamur atau bakteri.

Pengerokan yakni keberagaman lain berpangkal pelukaan. Pengerokan dilakukan dengan pelukaan ringan pada kulit batang. Biasanya, pengerokan dilakukan untuk mempercepat pembungaan dan pembuahan sreg kelengkeng.

Kulit batang nan sudah dikerok akan mengakibatkan pengangkutan karbohidrat hasil asimilasi dari titel ke akar tunggang menjadi terganggu. Hal tersebut mengakibatkan karbohidrat terkubur di bagian atas tanaman. Kelebihan karbohidrat yang terjadi akan sensual pohon berpangkal dan berakibat.

Pengerokan pada tanaman kelengkeng dilakukan setelah tumbuhan mendapat perlakukan pemangkasan ringan. Kedua perlakuan itu biasanya tergarap setelah berakhirnya tahun panen biji zakar lici yang terjadi puas Januari sampai Maret.

Perlengkapan kerok boleh maujud pisau yang tidak radikal. Pisau ini berarti agar luka nan diberikan lain terlalu internal. Setelah dikerok, tanaman dibiarkan saja. Bulan Agustus atau September, akan muncul bunga. Bulan ke-4—5, lici telah bisa dinikmati buahnya.

Source: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/89525/Percepat-Pohon-Berbuah-dengan-Pelukaan-dan-Pengerokan/