3 Gerakan Dasar Pencak Silat


Teknik Dasar Pencak Terlak
– Pencak silat adalah seni bela diri suci Indonesia yang telah menjadi warisan budaya bebuyutan. Seni bela diri terlak silat juga diakui secara resmi sebagai cabang latihan jasmani nan dipertandingkan n domestik event-event internasional.

Sepanjang sejarah terlak silat, olah tubuh bela diri ini telah dikembangkan sedemikian rupa di bervariasi daerah di Indonesia sehingga tiap-tiap memiliki ciri khasnya tersendiri. N domestik praktiknya, teknik bawah kuntau silat mengutamakan keindahan dan keharmonisan gerak tubuh.

Manuver nan mirip seperti dansa dalam resistansi membuat kuntau pencak mengandung zarah seni yang sangat dalam. Karuan bukan perkara mudah buat menuntaskan seni bela diri ini sehingga Anda nan ingin melakukannya harus mencerna apa saja teknik bawah dalam kuntau silat.

Tabel Konten

  • 1
    Teknik Bawah Kuntau Terlak

    • 1.1
      Kuda-Kuda
    • 1.2
      Sikap Pasang
    • 1.3
      Pola Langkah
    • 1.4
      Delapan Penjuru Mata Angin
    • 1.5
      Tendangan
    • 1.6
      Mentrum
    • 1.7
      Gerakan ini digunakan saat mencerca ataupun tarik urat. N domestik manuver ketukan juga masih terbagi menjadi empat tipe, yaitu pukulan lurus, anting, melingkar, dan tegak.
    • 1.8
      Tangkisan
    • 1.9
      Kuncian
    • 1.10
      Berbaring
    • 1.11
      Guntingan


Teknik Pangkal Pencak Kuntau

teknik dasar pencak silat
Pertandingan terlak silat Indonesia vs Vietnam SEA Games 2022. Sumber: Wikimedia Commons

Pencak pencak adalah keahlian dalam mempertahankan diri dengan menangkis, mengecap, dan membela diri dengan ataupun tanpa senjata. Adapun 10 teknik dasar dalam seni bela diri pencak silat yaitu:


Kuda-Kuda

Teknik paling kecil mendasar dalam bela diri pencak silat adalah kuda-jaran. Teknik ini merupakan sikap menapakkan kaki yang bertujuan bikin menjaga keseimbangan ketika bertahan maupun mengkritik. Kerumahtanggaan teknik radiks pencak pencak, kuda-kuda terbagi menjadi 6 gerakan sumber akar, yaitu jaran-kuda depan, paruh, belakang, samping, cagak, dan depan belakang.


Sikap Pasang

Teknik nan kedua adalah sikap pasang. Teknik ini merupakan posisi kombinasi antara kuda-jaran dan kemampuan atau fleksibilitas diri yang menyesuaikan keadaan dengan situasi, baik itu ketika memaki atau bersiteguh.


Komplet Langkah

Teknik lainnya nan wajib Dia kuasai lebih jauh merupakan pola anju. Pola anju maksudnya adalah menggabungkan antara jaran-jaran dengan fleksibilitas langkah dengan pemahaman arah nan sopan.

Teknik ini diperlukan agar langkah atau kampanye Engkau lain mudah terbaca makanya bandingan. Seperti mana saat menafsirkan pijakan kaki terbit satu ki perspektif ke sudut lainnya.


Delapan Penjuru Indra penglihatan Kilangangin kincir

Kemampuan seorang pesilat akan meningkat apabila berhasil menguasai teknik delapan penjuru mata angin. Teknik ini berbimbing dengan sebelah gerak pendekar nan akan melangkah dalam posisi berkuat ataupun menyerang. Gerakannya menyerupai kacamata di tiap arah penjuru mata kilangangin kincir.


Tendangan

Ssilat menggabungkan antara kehangatan gerak tubuh, tangan, dan kaki. Itulah alasannya teknik tendangan menjadi riuk suatu nan paling pangkal dan harus dikuasai. Teknik tendangan terbagi menjadi empat keberagaman, adalah tendangan lurus ke depan, ke samping, memutar, dan bulat.


Ketukan


Persuasi ini digunakan saat menyerang maupun bersikukuh. Dalam gerakan pukulan pun masih terbagi menjadi empat jenis, yaitu pukulan lurus, bandul, melingkar, dan agak kelam.


Penolakan

Seorang pesilat tak sekadar dituntut untuk mewah menyerang dengan baik, semata-mata juga bersikukuh setara baiknya. Itulah kok teknik tangkisan menjadi sangat berjasa cak bagi dikuasai agar pesilat dapat memencilkan serangan n partner. Terdapat empat perdurhakaan, yakni tangkisan luar, dalam, atas, dan asal.


Kuncian

Pencak silat sangat terkenal dengan teknik kuncian nan mematikan. Kuncian umumnya digunakan untuk menyasar penggalan vital seperti gala, dagu, kaki, dan pergelangan tangan oponen.


Rebahan

Sikap berbaring merupakan pelecok satu teknik nan perlu dilakukan saat kondisi terpojok. Ketika Anda mengendap, Kamu tetap dapat membela diri dengan membalikkan situasi lewat teknik berbaring.


Guntingan

Buat yang terakhir adalah guntingan, yaitu teknik nan dilakukan dengan cara melakukan tendangan sama dengan gunting nan piting. Tujuannya bakal mengecong dan melumpuhkan lawan.

Demikianlah sejumlah teknik dasar pencak kuntau yang perlu Anda ketahui. Dengan menguasai teknik-teknik, maka kemampuan pencak Anda boleh terasah dengan lebih baik juga.

Source: https://desabola.com/teknik-dasar-pencak-silat/

Posted by: gamadelic.com