14 Agustus Diperingati Sebagai Hari

tirto.id – Waktu Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Tahun ini, Masa Pramuka jatuh pada Sabtu (14/8/2021). Pramuka merupakan singkatan bermula Praja Muda Karana, organisasi kepanduan yang masuk ke Indonesia setelah Belanda memiliki cabang bernama Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) lega 1912.

NPO kemudian berubah nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP) pada 1916, di waktu yang sma Mangkunegara VII membentuk Organisasi Kepanduan purwa Indonesia dengan jenama Javaansche Padvinder Organisatie (JPO).

Dilansir dari situs web Musem Sumpah Pemuda, lahirnya JPO memicu manuver kebangsaan lainnya kerjakan takhlik organisasi sejenis bilamana itu. Melihat semakin banyaknya organisasi pramuka kepunyaan Indonesia, Belanda melarang organisasi kepramukaan di luar hak Belanda menggunakan istilah Padvinder.

Maka itu karena itu K.H Agus Salim memasyarakatkan istilah “Pandu” atau “Kepanduan” kerjakan organisasi Kepramukaan eigendom Indonesia. Setelah kemerdekaan lahirlah kepanduan yang berwatak kewarganegaraan yaitu Pandu Rakyat Indonesia pada 28 Desember 1945.

Dalam pengelanaan sejarahnya organisasi kepanduan nan jumlahnya ratusan dibagi menjadi beberapa federasi dan dibentuklah PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia). Organisasi ini terkendala karena kurangnya kekompakan antara anggota di dalamnya.

Pada 1960 pemerintah dan MPRS berupaya untuk bersegeh organisasi kepramukaan di Indonesia. Sreg 9 Maret 1961, Presiden Sukarno mngumpulkan tokoh-motor dari gerakan kepramukaan Indonesia. Anda mengatakan, organisasi kepramukaan harus diperbaiki dan seluruh kepanduan akan dilebur menjadi suatu dengan nama Pramuka.

Internal kesempatan ini juga Presiden membuat panitia pembentukan gerakan Pramuka nan tediri berpunca Sultan Hamengkubuwono IX, Prof. Prijono. Dr. A. Aziz Saleh serta Achmadi. Peristiwa ini kemudian dikenal dengan Hari Tunas Gerakan Pramuka.

Panitia tersebut mengekspresikan hasil kerja dan disahkan Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 pada 20 Mei 1961 tentang gerakan Pramuka. Pada 30 Juli 1961 bermukim di Istora Senayan, tokoh–dalang kepanduan Indonesia menyatakan menggabungkan diri dengan Pramuka (Hari Janji Persuasi Pramuka).

Hari Lahir Pramuka kemudian diperingati pada 14 Agustus 1961 saat MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) yang diketuai oleh Preiden Sukarno, ketua muda I Sultan HB IX dan duta komandan II Brigjen TNI Dr. A. Azis Alim. Sukarno memasrahkan panji-panji Pramuka kepada tokoh-pencetus kerjakan memperkenalkan Pramuka kepada awam.

Tema dan Logo Perian Pramuka 14 Agustus 2022

Markas Nasional Gerakan Pramuka telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 027 Tahun 2022 tentang Keunggulan 60 (Enam Puluh) Tahun Gerakan Pramuka pada Februari silam. Dalam SK tersebut, diputuskan logo dan tema Musim Pramuka yang diperingati 14 Agustus.

Logo Hari Pramuka

Segel Periode Pramuka. foto/https://pramukadiy.or.id/

Usaha Prarnuka pada tahun 2022 genap berusia 60 (enam puluh) perian sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka. Etiket 60 (enam puluh) Tahun Gerakan Pramuka memiliki makna:

– Corak merah penting berani dan nekat, sedangkan putih berarti rela dan nirmala dalam berbakti.

– Angka 60 menandakan tahun ke-60 hadirnya Gerakan Pramuka, dengan kredit “6” nan tangkainya berkombinasi patera kelambir untuk menunjukkan kecintaan Pramuka pada persil air.

– Lambang WOSM di paruh angka “0” menunjukkan Manuver Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di lndonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia.

Selain itu, dalam logo 60 tahun Gerakan Pramuka yang ditetapkan oleh Kwarnas tersebut juga terwalak patois “Berbakti Sonder Henti,” yang bermakna bahwa seluruh anggota Gerakan Pramuka selalu siap sedia untuk berbakti sampai pada saat pula.

(tirto.id –
Sosial Budaya)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra

Editor: Iswara N Raditya



Source: https://tirto.id/hari-pramuka-14-agustus-2021-sejarah-tema-logo-gerakan-pramuka-giyu

Posted by: gamadelic.com