10 Suku Terbesar Di Indonesia

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Batak Tob.(kompas).

Bekas(DN)

Indonesia dikenal dengan semboyannya nan berbunyi ‘Bhinneka Khas Ika’ karena memiliki keanekaragaman mulai bersumber suku setakat agama. Terserah banyak kaki di Indonesia yang masih menyandang teguh dengan pendirian adat istiadatnya.

Berdasarkan data sensus Badan Sentral Statistik (BPS) tahun 2022, terwalak 1.331 suku di Indonesia berdasarkan provinsi yang tersebar dari Sabang setakat Merauke.

Diantara beraneka rupa suku tersebut, sebanyak 10 suku terbesar di Indonesia mencatat total populasi terbanyak di Indonesia. Sebagian ki akbar suku ini bermukim di sejumlah pulau-pulau terbesar di Indonesia yang kaya akan keragaman suku bangsa.

Berikut 10 Suku Terbesar di Indonesia berdasarkan data BPS dari sensus penduduk periode 2022.

1.Jawa

Suku Jawa menjadi suku dengan besaran populasi terbesar di Indonesia. Suku ini menjadi mayoritas yang berada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan bahkan ada yang sampai migrasi ke luar negeri sebagaimana Suriname dan Malaysia.

Menurut BPS SP201O, Suku Jawa punya besaran populasi sebanyak 95.217.022 penghuni atau setara dengan 40,22 persen penghuni Indonesia berusul dari suku ini. Suku Jawa dikelompokkan bersama suku lainnya yang congah di Pulau Jawa sama dengan Kaki Osing, Tengger, Samin, Bawean/Boyan, Naga, Nagaring, dan suku lain di Pulau Jawa.

2.Sunda

Kaki ini banyak mendiami Provinsi Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. Wilayah Suku Sunda sah dikenal dengan wilayah Pasundan yang produktif di Barat Pulau Jawa seperti di Negeri Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.

Menurut data statistik BPS basyar yang menjadi bagian terbit suku sunda berjumlah 36.701.570 jiwa atau setara dengan 15,50 tip dari kuantitas seluruh pemukim Indonesia.

3.Batak

Tungkai yang berasal berpangkal Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini memiliki kuantitas populasi sebanyak 8.466.969 hayat. Berdasarkan persentase suku ini mencecah 3,58 tip dari total penduduk di Indonesia. Suku terbesar ketiga ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia sama dengan, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Riau, Batam, Kepulauan Riau, dan Jawa Barat.

4.Asal Sulawesi

Suku Dasar Sulawesi yaitu semua tungkai di Sulawesi selain Suku Minahasa, Bugis, Makassar dan Gorontalo. Suku ini banyak meninggali daerah nan rani di Pulau Sulawesi.

Menurut BPS jumlah suku radiks Sulawesi ini mencapai 3,22 persen di Indonesia atau sejumlah 7.634.262 jiwa bersumber besaran pemukim Indonesia yang berjumlah sekeliling 270 juta jiwa.

5.Madura

Suku Madura menjadi Suku terbesar kelima di Indonesia. suku ini mendiami timur Pulau Jawa tepatnya di Pulau Madura sendiri. Suku ini sempat menjadi populer karena terlibat konflik antar suku dengan Kaki Dayak Kalimantan.

Suku ini tercatat n kepunyaan jumlah populasi sebanyak 7.179.356 jiwa maupun setara dengan 3,03 uang jasa dari populasi orang Indonesia.

6.Betawi

Suku Betawi telah ada sejak waktu Kolonial Belanda di Batavia. Suku ini ialah suku perpaduan antara suku-suku yang pernah mendatangi Batavia saat masa penjajahan Belanda.

Sampai saat ini suku Betawi terus berkembang mencapai populasi 2,88 uang lelah atau sejumlah 6.807.969 arwah di Indonesia.

7.Minangkabau

Suku Minangkabau merupakan kaki nan berasal dari Provinsi Sumatera Barat. Tungkai ini dikenal dengan tungkai nan suka merantau. Keberhasilan orang Minangkabau boleh dilihat berpokok kulinernya nan tersebar dekat di Pulau Jawa.

Suku ini memiliki pusat persebaran di Sumatera Barat dan Riau. Suku Minangkabau memiliki jumlah populasi sebanyak 6.462.713 jiwa selaras dengan 2,73 uang jasa dari total penduduk di Indonesia.

8.Bugis

Suku ini menjadi suku terbesar di Indonesia di posisi kedelapan. Suku Bugis berpangkal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Kaki ini n kepunyaan jumlah pemukim sebanyak 6.359.700 umur atau dalam persentase 2,69 persen dari penduduk Indonesia.

9.Melayu

Suku Melayu termasuk suku Austronesia yang memiliki persebaran sangat luas bahkan sebatas asing area sebagaimana Malaysia dan Taiwan. Suku ini juga menghuni Indonesia dan tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Suku ini n kepunyaan total populasi sebanyak 5.365.399 jiwa di Indonesia atau sekitar 2,27 persen berpokok keseluruhan penduduk di Indonesia.

10. Asal Sumatera Kidul

Tungkai terbesar di Indonesia yang bontot adalah suku asal Sumatera Selatan. Kaki ini memiliki persentase sebesar 2,16 tip berpokok jumlah penduduk Indonesia maupun sebanyak 5.119.581 vitalitas.

Itulah 10 tungkai terbesar di Indonesia menurut Jasmani Pusat Perangkaan di Indonesia sreg sensus penduduk tahun 2022. Masih banyak suku nan ada di Indonesia, yang menandakan bahwa Indonesia subur akan tungkai nasion.(red/inews).

Source: https://www.durasinews.com/2022/03/10-suku-terbesar-di-indonesia-suku.html

Posted by: gamadelic.com