10 Sifat Wajib Bagi Allah


Kebiasaan Wajib Yang mahakuasa
– Seumpama seorang mukmin, Grameds perlu tahu bahwa Yang mahakuasa SWT memiliki adat- sifat yang harus kita Imani. Menurut para ulama aturan- aturan Allah SWT yakni sifat wajib Allah, sifat bukan-bukan Allah, dan Aturan Jaiz ataupun Mumkin. Sesungguhnya sifat- rasam Allah SWT tidaklah cacat, pengelompokan ini bertujuan agar memudahkan umat muslim kerjakan mengenal dan memehami keagungan Yang mahakuasa SWT sangat sifat- sifatnya. Mengetahui sifat- resan Allah SWT tersebut boleh menjadi salah satu cara belajar katauhidam bakal seorang muslim.

Tauhid adalah salah suatu pilar dalam ajaran agama Selam yang perlu dikuasai oleh seorang muslim. Menerobos ketauhidan itulah kita bisa belajar pendirian memaknai iman kepada Allah seperti yang sudah termasuk privat rukun islam. Grameds dapat memulai memahaminya sangat 20 resan terbiasa Allah SWT berikut ini:


SIFAT- SIFAT WAJIB Sang pencipta DAN MAKNANYA

Aturan wajib Yang mahakuasa SWT ialah sifat yang pasti ada dan dimiliki maka dari itu Allah SWT. Berikut ini sifat-sifat wajib Allah SWT yang perlu Grameds ketahui beserta makna dan dalillanya dalam Surah dan ayat Al-Quran:


1. Wujud

Wujud adalah sifat wajib Allah SWT pertama
yang berarti zat yang tentu “ada” dan berdiri sendiri. Kebiasaan wujud berfaedah kehadiran Allah SWT enggak karena diciptakan makanya siapapun dan tidak ada almalik selain dia. Allah SWT pasti ada dan tidak bergantung kepada siapapun karena dialah si pencipta dunia semesta. Bukti kehadiran dan wujud Yang mahakuasa SWT adalah ciptaannya berupa langit dan bumi serta seisinya.

Aturan wujud Allah SWT tertulis kerumahtanggaan Al-Quran surah As-sajdah ayat 4 berikut ini:



Sifat Wajib Allah Wujud2. Qidam


Sifat qidam penting terdahulu maupun sebuah awal karena Allah SWT sudah lalu ada sampai-sampai suntuk jauh sebelum apapun nan diciptakannya. Qidam bermula dari bahasa Arab yang berarti terdahulu, artinya tidak ada nan terdahulu sebelum Sang pencipta SWT di marcapada ini. Semua yang ada di alam semesta ini ialah ciptaan Allah SWT sebagai awal dan penghasil berpunca semangat sekaligus nan mengakhirinya. Aturan Qidam Allah SWT menunjukan dia maha mengetahui segala apa Sesuatu atas ciptaannya.

Sifat Qidam Allah SWT tertulis dalam Al-Quran surah Al-hadid ayat 3  berikut ini:


Sifat Wajib Allah Qidam


3. Baqa

Baqa berasal dari bahasa Aran nan artinya kekal atau langgeng. Sifat Baqa berarti Allah SWT adalah maha kekal dan tidak akan perneh punah dan binasa.  Allah SWt tidak akan pernah mati layaknya ciptaannya karena kematian dan kebinasaan itu seorang adalah ciptaannya. Kebiasaan Baqa menunjukan bahwa Sang pencipta SWT punya izzah dan kemuliaan atas barang apa ciptaannya di paras manjapada dan bendera sepenuh.

Sifat Baqa Allah SWT tertulis dalam Al-Quran surah Ar-Rahman ayat 26 dan 27 dan Surat Al-Qashash ayat 88  berikut ini:



Sifat Wajib Allah Baqo4. Mukhalafatu Lil Hawaditsi


Mukholafatul Lilhawaditsi  berasal berbunga bahasa Arab nan berarti farik dengan sesuatu yang baru atau khalayak lainnya. Sifat Mukholafatul Lilhawaditsi berarti Allah SWT berbeda dengan makhluk- makhluk ciptaannya. Almalik SWT merupakan Nan Maha Model dan enggak aka nada satupun orang yang dapat menyerupainya. Grameds mungkin lain asing jikalau manusia tentu memiliki kembaran di bumi ini, namun situasi tersebut berbeda dengan Allah SWT yang menjadi satu- satunya dan tidak ada yang bisa setolok dengan keagungannya.

Sifat Mukholafatu Lilhawaditsi Allah SWT tertulis internal Al-Alquran surah Al-Ikhlas ayat 4 dan surah Asy-Syura ayat 11 berikut ini:





Sifat Wajib Allah Mukholafatul Lilhawadisi5. Qiyamuhu Binafsihi


Sifat qiyamuhu binafsihi berarti Allah SWT kabur sendiri dan enggak memerlukan bantuan berasal siapun. Atas kehendaknya Allah SWT lain akan pernah bergantung kepada siapapun karena n kepunyaan keluhuran atas segala ciptaannya.Tidak seperti makhluk lain, Halikuljabbar SWT tak beranak pinak dan tak memiliki sekutu. Allah SWT adalah jalal yang sebesar-besarnya di sejagat.

Aturan qiyamuhu binafsihi Sang pencipta SWT tersurat dalam Al-Alquran surah Al-Isra  ayat 111  berikut ini:



Sifat Wajib Allah Qiyamuhu6. Wahdaniyah


Resan wahdaniah berarti Tuhan SWT khas atau esa karena enggak n kepunyaan sekutu. Allah SWT adalah tuhan Yang Maha Esa dan satu- satunya allah pencipta liwa semesta. Sebagai umat mukminat, Grameds harus mengimani bahwa Allah SWT maha esa dan satu- satunya yang dipercaya andai pencipta standard seberinda beserta isinya. Itulah sebabnya jika umat muslim mempersekutukan Allah SWT maka musyrikkah mulai sejak imannya sebagai umat beragama islam yang harus mengimani Allah SWT laksana suatu- satu halikuljabbar.

Rasam wahdaniyah Tuhan SWT tertulis internal Al-Alquran surah Al-Ikhlas ayat 1  berikut ini:


Sifat Wajib Allah Wahdaniyah


7. Qudrat

Sifat qudrat berfaedah Almalik SWT adalah pemilik dan pemegang kuasa terhadap sesuatu. Allah SWT ialah zat suatu- satunya Nan Maha Kuasa atas apapun dan tidak terserah satupun hamba allah lain yang bisa menandingi yuridiksi. Allah SWT mustahil tidak n kepunyaan kuasa atas kalimantang sepenuh dan seisinya. Kekuasan Allah SWT mutlak dan bukan ada batasan dan tidak ada nan mewatasi, baik zatnya sendiri maupun insan ciptaannya.

Resan qudrat Allah SWT tertulis dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 20  berikut ini:


Sifat Wajib Allah Qudrat


8. Iradat

Iradat berasal dari bahasa Aran yang artina berkendak. Sifat iradat berarti Halikuljabbar SWT berkendak atas segala alam semsta dan seisinya. Allah SWT mustahil melakukan sesuatu atas perintah dan paksaan berusul makhluk lain. Jika Almalik SWT sudah berkendak maka enggak aka nada yang tidak-tidak dan tidak nan bisa mencegahnya. Barang apa hal yang ada di pan-ji-panji semesta ini berjalan dan terjadi atas kehendak Allah SWT minus intrusi siapapun.

Adat Iradat Yang mahakuasa SWT tertulis dalam Al-Quran surah Hud ayat 107 dan surah Yasin ayat 82  berikut ini:


Sifat Wajib Allah Iradat


9. Ilmun

Guna-guna dalam bahasa Arab berharga mengetahui atas barang apa sesuatu. Sifat ilmu berarti Sang pencipta SWT mengetahui segala hal dan tidak ada suatu kejadian apapun yang enggak diketahui oleh Tuhan SWT. Pengetahuan dan kepandaian Halikuljabbar SWT tinggal arketipe, artinya guna-guna yang dimiliki Allah SWT bukan terbatas dan enggak pun dibatasi.  Segala sesuatu nan terserah di alam semesta, baik yang tertentang maupun bablas pasti diketahui Allah SWT. Malar-malar rahasia lubuk hati makhluk sekalipun Allah SWT mengetahuinya.

Sifat guna-guna Yang mahakuasa SWT tersurat dalam Al-Quran surah Qaf ayat 16  berikut ini:



Sifat Wajib Allah Ilmun10. Hayat


Umur n domestik bahasa Arab berarti hayat ataupun kehidupan. Resan roh berharga Allah SWT maha hidup kekal lestari dan membagi jiwa. Allah SWT hidup enggak karena dihidupkan melainkan spirit dengan kehendaknya sendiri karena Sang pencipta SWT adalah maha konseptual. Sifat hayat juga menunjukan bahwa Allah SWT enggak membutuhkan hal-hal yang menghidupkan seperti makan, menenggak, tidur, istirahat, dan aktivitas kehidupan manusia lainnya. Spirit Halikuljabbar SWT kekal dan lestari tanpa mengalami kematian.

Resan hayat Yang mahakuasa SWT tertulis dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 255 dan surah Furqan ayat 58  berikut ini:


Sifat Wajib Allah Hayat



Sifat Wajib Allah Hayat 211. Sam’un


Sam’un dalam bahasa Arab berarti mendengar. Sifat Sam’un penting Yang mahakuasa SWT maha pendengar barang apa sesuatu yang ada di alam seberinda. Baik peristiwa-hal yang diucapkan maupun yang disembunyikan dalam hati dan jiwa manusia sekalipun. Tak cak semau bentuk suara miring apapun yang tidak terdengar makanya Allah SWT walaupun kritik lemah dan pelan karena pendengaran Tuhan SWt tidak terbatas pada apapun. Farik dengan pendengaran manusia nan adv minim pada frekuensi bunyi tertentu.

Adat sam’un Allah SWT tertulis dalam Al-Quran surah Asy-Syura ayat 11 dan surah Maidah ayat 76  berikut ini:


Sifat Wajib Allah Samun 1



Sifat Wajib Allah 212. Basar


Basar privat bahasa arab artinya mengintai. Sifat Basar berjasa Sang pencipta SWT Maha mengaram barang apa kejadian yang terjadi di duaja seberinda, baik yang terlihat atau yang disembunyikan. Penglihatan Allah SWT bukan terbatas pada apapun dan mutlak lain tergoyahkan lega jarak dan terhalang terhambat oleh apapun. Sifat Basar Almalik SWT perlu kita Saleh agar selalu berhemat internal berbuat di bumi karena kita lain bisa berbohong kepada Yang mahakuasa dan Dia akan selalu mengetahuinya.

Rasam basar Allah SWT termaktub internal Al-Quran surah Al-Hujurat ayat 18 dan surah Al-Baqarah ayat 265  berikut ini:



Sifat Wajib Allah Basar13. Kalam


Zakar dalam bahasa Arab artinya berujar. Sifat kalam Allah SWT berarti bisa merenjeng lidah dan berkata secara sempurna minus batasan dan bantuan apapun. Allah SWT berfirman tinggal kitabnya yang diturunkan kepada para rasul dan nabi. Ura-ura Sang pencipta SWT tentu berbeda dengan konsep ura-ura dan kognisi manusia karena Allah tidak berpanca indra atau berorgan seperti mana manusia. Resan kontol Allah SWT lampau eksemplar dan mutlak.

Sifat burung Halikuljabbar SWT tercatat kerumahtanggaan Al-Quran surah Al-Araf ayat 143 dan surah An-Nisa ayat 164  berikut ini:


Sifat Wajib Allah Kalam


14. Qadiran

Qidran dalam bahasa Arab berjasa kuasa. Sifat wajib Qadiran bermakna Halikuljabbar SWT maha kuasa atas dunia semesta dan seisinya. Kekuasaan Halikuljabbar SWT tidak terbatas plong apapun dan siapapun karena Dialah si pencipta yang satu-satunya berkuasa atas jiwa pan-ji-panji semesta. Kuasa Yang mahakuasa SWt juga tidak akan pernah selaras dan tertanggi oleh kemustajaban apapun di roman manjapada. Aturan Qadiran Yang mahakuasa SWT perlu kita Imani bahwa manusia hanyalah individu lemah dan teradat berserah diri sreg kekuatan dan kekuasaan Allah SWT.

Sifat qadiran Allah SWT tertulis dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 20 berikut ini:


Sifat Wajib Allah Qadiran


15. Muridan

Muridan dalam bahasa Arab artinya kehendak. Sifat wajib muridan berarti Allah SWT Maha menuntut atas segala keadaan dan kondisi yang menentukan barang apa-apa hanya di alam semesta. Allah SWT berkendak atas nasib dan takdir basyar dan sejagat. Sifat wajib muridan Sang pencipta SWT bergabung dengan rasam wajib iradat Allah SWT. Kehendak Allah SWT besifat mutlak dan bukan minus.

Sifat muridan Allah SWT tertulis dalam Al-Quran surah Hud ayat 107 berikut ini:


Sifat Wajib Allah Muridan


16. Aliman

Aliman dalam bahasa Arab artinya mengetahui. Sifat wajib aliman berfaedah Sang pencipta SWT maha memaklumi segala sesuatu di alam semesta ini, baik yang sudah lalu terjadi alias yang belum terjadi di muka marcapada dan alam segenap. Tidak ada suatu hal apapun nan tak diketahui oleh Halikuljabbar SWT dan lain ada yang bisa disembunyikan darinya. Malar-malar Allah SWT mengetahui pikiran dan isi hati manusia. Allah SWT maha mengetahui tanpa batasan dan bukan tertandingi oleh zat apapun.

Rasam aliman Allah SWT terjadwal dalam Al-Quran surah An-Nisa Ayat 176 berikut ini:


Sifat Wajib Allah Aliman


17. Hayyan

Hayan intern bahasa Arab artinya vitalitas. Sifat wajib hayyan bermanfaat Allah SWT maha hidup tanpa gayutan tidur, lengha, lejar, apalagi mati. Tuhan SWT sukma kekal dan abadi enggak terbatas makanya hari, keadaan, dan panggung karena Allah SWT maha pola. Sifat teristiadat hayyan Tuhan SWT menyatu dengan rasam wajib Almalik SWT yaitu sifat hayat.

Aturan hayat Yang mahakuasa SWT tertulis dalam Al-Quran surah Al-Furqan 58 berikut ini:


Sifat Wajib Allah Hayan


18. Sami’an

Sam’an dalam bahasa Arab artinya mendengar. Sifat mesti sam’an berarti Tuhan SWT maha mendengar segala sesuatu yang ada di liwa sepenuh. Tanpa invalid pada terpandang enggak kelihatan, ataupun keras pelannya suara tersebut. Tuhan SWT karuan boleh mendengar ucapan, harapan, doa , bahkan bisikan kritik hati anak adam yang tidak bisa didengar oleh makhluk lain. Pendengaran Allah SWT tidak terbatas dan terhalang maka dari itu apapun. Sifat mesti sam’an menyatu dengan sifat wajib Allah SWT ialah sifat sam’un.

Sifat sami’an Allah SWT termaktub n domestik Al-Quran surah Al-Baqarah 256 berikut ini:


Sifat Wajib Allah Samian


19. Bashiran

Basiran kerumahtanggaan bahasa Arab artinya melihat atau mengaram. Rasam wajib basiran berarti Allah SWT selalu mengawasi semua hal yang terjadi di jagat rat termasuk gerak-gerik dan tingkah larap individu. Tidak ada kejadian apapun yang bisa lepas dari pengawasan Allah SWT meskipun sudah tersembunyi sekalipun. Sifat perlu bashiran Allah SWT menyatu dengan sifat basar.

Kebiasaan basiran Allah SWT tertulis dalam Al-Alquran surah Al-hujurat 18 berikut ini:


Sifat Wajib Allah Basiran


20. Mutakkaliman

Mutakaliman internal bahasa arab artinya bersuara atau bersabda-pembukaan. Sifat terlazim mutakalliman berguna Sang pencipta SWT Maha berkata atas segala rakhmatnya buat alam segenap sebagi ciptaannya. Firman Sang pencipta SWT diturunkan melewati para nabi dan utusan tuhan yang menjadi makhluk sortiran yang dapat dipercaya untuk menyampaikan firman-firmannya. Bukti Sang pencipta SWT berfirman adalah hadirnya Al-Quran sebagai pedoman umat muslim di seluruh bumi. Resan teradat Allah SWT muta’alimat berintegrasi dengan sifat kalam.

Kebiasaan mutakalliman Allah SWT tercatat dalam Al-Quran surah An-Nisa 164 berikut ini:



Sifat Wajib Allah MutakalimanKLASIFIKASI SIFAT Perlu ALLAH


Setelah mengetahui sifat-resan perlu Allah SWT di atas, Grameds teristiadat mengatahui klasifikasi sifat-sifat tersebut. Merujuk pada pendapat Taofik Yusmansyah privat bukunya yang berjudul


Akidah dan Akhlak


mengklasifikasikan sifat-rasam wajib Halikuljabbar SWT menjadi empat kategori, seperti berikut ini:


1. Sifat Nafsiyah

Resan-sifat wajib Sang pencipta SWT nan berhubungan dengan zat Tuhan SWT, yakni rasam wujud yang turut dalam kategori sifat nafsiyah.


2. Sifat Salbiyah

Salbiyah adalah kebiasaan-sifat perlu yang tetapi dimiliki oleh Allah SWT. Sifat-sifat teristiadat Allah yang masuk dalam ketegori sifat salbiyah adalah Qidam, Baqa, Mukhalafatul lil hawadisi, Qiyamuhu binafsihi, dan Wahdaniyah.


3. Sifat Ma’ani

Ma’ani adalah rasam terbiasa yang berhubungan dengan perbuatan maupun karsa Allah SWT. Sifat terlazim Sang pencipta SWT yang masuk dalam kategori sifat ma’ani adalah Qudrat, Iradat, Imu, Hayat, Sama, basar, dan Kontol.


4. Sifat Ma’nawiyah

Ma’nawiyah merupakan sifat teristiadat nan berakitan dengan kebiasaan ma’ani. Aturan wajib Halikuljabbar SWT yang ikut dalam kategori sifat ma’nawiyah yaitu Qadiran, Muridan, Aliman, Hayan, Sami’an, Basiran, dan Mutakaliman.

Nah, itulah penjelasan tentang sifat- aturan wajib Allah beserta makna dan dalil Al-Qur’annya. Apakah Grameds sudah bisa  memafhumi makna adat terlazim Halikuljabbar SWT? Belajar agama tentu ceceh waktu nan tidak singkat dan keteguhan hari yang besar. Itulah sebabnya Grameds mesti banyak referensi dan menyisihkan waktu untuk membiasakan agama mulai semenjak dasar sekalipun. Grameds boleh kunjungi koleksi resep Gramedia di

www.gramedia.com

untuk menemukan banyak referensi buku mengenai agama islam, baik sesuai kiat mata pelajaran agama islam di skeolah atau ki akal referentif yang makin luas lagi, sama dengan berikut ini: Selamat membiasakan. #SahabatTanpabatas

Beli Buku di Gramedia

Beli Buku di Gramedia

Beli Buku di Gramedia

ePerpus adalah layanan bibliotek digital mutakhir yang mengusung konsep B2B. Kami hadir buat memudahkan dalam ikutikutan taman pustaka digital Sira. Klien B2B Persuratan digital kami membentangi sekolah, perguruan tinggi, korporat, hingga tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom batang kayu
  • Akal masuk ke ribuan buku berusul penerbit berkualitas
  • Akomodasi intern mengakses dan mengontrol perpustakaan Beliau
  • Tersaji privat platform Android dan IOS
  • Cawis fitur admin dashboard untuk mengaram laporan analisis
  • Pemberitaan statistik model
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Source: https://www.gramedia.com/literasi/sifat-wajib-allah/

Posted by: gamadelic.com