10 Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias air tawar cocok dipelihara di akuarium di dalam rumah. Jika ingin memeliharanya, berikut 10 ikan hias air tawar yang bisa dipilih.
Ilustrasi. Ikan hias air tawar cocok dipelihara di palung ikan di dalam rumah. Jika ingin memeliharanya, berikut 10 iwak hias air batil yang dapat dipilih. (Foto: iStockphoto/Freder)

Jakarta, CNN Indonesia



Ikan hias

 air batal semupakat dipelihara di akuarium di dalam flat. Pasalnya, ada banyak manfaat menernakkan ikan hias di rumah.

Salah satunya, menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Manfaat ini bisa didapat dari celaan percikan air di dalam akuarium dan melihat gerak lauk yang berenang ke setiap sudut


akuarium

.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain itu, memelihara iwak rias di n domestik akuarium sekali lagi bisa menjadi alternatif pajangan maupun riasan di internal rumah serta hobi baru bagi Anda.

Lebih lagi jika Sira menerapkan
aquascape
atau seni mengatak tanaman, air, batu, hingga karang di n domestik palung ikan. Hal ini bisa menjadi kesukaan bau kencur cak bagi Anda.

Berikut 10 ikan hias air tawar yang camar dipelihara di akuarium. Beberapa jenis ikan ini boleh dicampur di n domestik akuarium.

Ikan-ikan ini bisa jadi pilihan Engkau yang mau mulai memelihara iwak hias air tawar di rumah.

1. Lauk mas koki

A goldfish navigates on land using a fish-operated vehicle developed by a research team at Ben-Gurion University in Beersheba, Israel, January 6, 2022. Picture taken January 6, 2022. REUTERS/Ronen ZvulunIlustrasi. Ikan rias air tawar, ikan mas koki (Foto: REUTERS/RONEN ZVULUN)

Lauk mas bendari merupakan iwak rias air sia-sia yang paling populer. Iwak ini memiliki ciri khas perut yang menggelembung besar.

Beberapa di antaranya juga punya gelembung raksasa di bagian kepala sebagaimana ikan louhan. Sementara di bagian ekor biasanya ramping dan tampak indah saat mereka berenang di air.

Ikan mas koki menjadi lauk hias favorit karena mempunyai warna yang luhur. Umumnya, tampil dengan padu padan warna oranye dan suci. Namun, ada juga yang bercat hitam penuh.

Iwak ini pertama kali dipelihara di China sejak lebih dari seribu tahun yang lampau setakat akhirnya dikembangkan dan beredar di banyak tempat. Semula iwak ini dipelihara di sungai dan danau, tapi kemudian dipelihara di akuarium.

2. Ikan gupi

ikan guppyIlustrasi. Ikan hias air batil, ikan gupi (Foto: istockphoto/kerkla)

Ikan gupi juga merupakan ikan solek air tawar nan populer karena mudah dirawat. Hal ini karena lauk gupi mudah mengimbangkan diri dan babaran pinak.

Sekali hamil, ikan gupi bisa melahirkan banyak anak, meski ukuran tubuhnya terbilang kecil, yaitu sahaja berkisar 4-6 cm untuk betina. Provisional ikan gupi jantan berkisar 2-3 cm.

Ikan gupi sejurus tampak sama dengan ikan cupang karena memiliki jasmani nan berwarna-warni luhur dan ekor nan lebar dan menggelepek. Tetapi, ukurannya lebih boncel dari ikan cupang.

Privat perdagangan ikan hias, ikan gupi juga biasa disebut bagaikan lauk guppy ataupun millionfish. Ikan hias air tawar kecil ini berasal berusul banyak negara, di kawasan Amerika Perdua dan Amerika Selatan.

3. Iwak discus

ikan discusIlustrasi. Ikan solek air tawar, ikan discus (Foto: iStockphoto/Freder)

Ikan yang terbit dari ngarai Batang air Amazon, Amerika Selatan ini merupakan ikan hias air tawar yang enggak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga beberapa negara Asia lainnya.

Discus memiliki ciri jasad melingkar, tetapi pipih. Situasi ini berbanding terbalik dengan iwak mas pemasak nan melingkar membengkak.

Namun sama dengan mas koki, umumnya discus berwarna binar, sebagai halnya oranye, asfar, sampai yang memiliki motif dengan sentuhan corak hitam.

Ikan discus cocok bagi dipelihara di kerumahtanggaan palung ikan bersama dengan ikan rias air tawar lainnya. Itu karena, ikan ini tergolong ‘mudah berbual mesra’ dan bisa hidup berapatan dengan ikan tak.

4. Ikan neon tetra

ikan neon tetraIlustrasi.Ikan rias air tawar, ikan neon tetra (Foto: iStockphoto/Mirko_Rosenau)

Sesuai dengan namanya, lauk neon tetra n kepunyaan sentuhan warna neon yang sinar di tubuhnya. Tepatnya, warna spektakuler dan layung yang dibalut dengan episode semerawang terbit tubuhnya.

Hal ini menjadikan ikan neon tetra seolah berkilap ketika berenang di dalam air. Terlebih, internal kejadian bawah tangan, ikan ini begitu juga n kepunyaan pantulan warna puas tubuhnya.

Lauk neon tetra sekali lagi berasal dari kawasan Amazon, Amerika Selatan. Lauk ini juga jawara ikan solek air sia-sia yang sering dipelihara di akuarium, khususnya di negara-negara tropis, seperti Indonesia.

Biar begitu, lauk neon tetra bukanlah iwak yang tahan lama karena memang memiliki rentang umur nan singkat sekitar 2-3 tahun di kerumahtanggaan akuarium.

Mereka juga terbiasa hidup berkelompok di intern akuarium, kaprikornus pastikan Anda membeli sejumlah ekor ikan sepersaudaraan jika cak hendak memiara mereka.

5. Ikan platy

Ikan rias air tawar yang berpunca dari kawasan Amerika Paruh ini memiliki umumnya bercat oranye dengan bodi yang nisbi kecil berkisar 2-4 cm. Namun, sejumlah ikan platy ada lagi yang memiliki warna asfar dengan dandan hitam.

Seimbang sama dengan ikan gupi, ikan platy kembali merupakan ikan hias yang mudah menyesuaikan diri di dalam akuarium yang diisi dengan ikan-lauk jenis bukan.

Selain itu, ikan platy pula mudah beranak pinak. Namun, ikan platy melahirkan anak dengan cara langsung mengeluarkan mereka dari tubuhnya, bukan dengan bertelur terlebih dahulu.

Kejadian ini karena iwak platy bertelur di dalam tubuh mereka. Sekali beranak, ikan platy juga mempunyai anak yang banyak sehingga pastikan Dia menyediakan ruang yang cukup jika ingin memelihara mereka di dalam akuarium bersama dengan ikan-ikan varietas lain.

6. Iwak bidadari

Ikan bidadari atau angelfish berasal bersumber Drum Amazon di Amerika Selatan. Semata-mata, ikan ini juga bisa ditemukan di sungai-sungai di Prancis.

Habitat kudrati ikan ini merupakan rawa-rawa nan subur akan vegetasi. Namun, ikan ini juga bisa hidup di air jernih seperti di kerumahtanggaan akuarium.

Kejadian ini menjadikan ikan bidadari tenar menjadi ikan rias air mansukh di akuarium di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Ikan bidadari n kepunyaan bentuk jasmani gentat mirip dengan lauk discus. Saja, lazimnya iwak bidadari berwarna putih dengan dandan hitam dan seolah mempunyai sayap di fragmen bawahnya.

7. Ikan molly

A goldfish navigates on land using a fish-operated vehicle developed by a research team at Ben-Gurion University in Beersheba, Israel, January 6, 2022. Picture taken January 6, 2022. REUTERS/Ronen ZvulunIlustrasi. Ikan hias air batal, ikan molly (Foto: REUTERS/RONEN ZVULUN)

Sekilas, ikan molly tampak seperti lauk platy, yaitu punya raga dengan kecil dan berwarna terang. Bedanya, ikan molly n kepunyaan kas dapur yang taksir membesar, tetapi tidak sebesar ikan mas koki.

Maka tak heran, iwak molly juga dikenal laksana ikan balon. Beberapa ikan molly juga punya motif pada bagian tubuhnya dengan warna hitam dan asfar.

Selain warna dan bentuk tubuhnya yang menarik, ikan molly kerap digandrungi para ikan hias air mansukh karena mudah dipelihara dan bisa berbaur dengan ikan rias lainnya.

Iwak molly yang berasal berpunca Brazil dan Meksiko ini juga mudah dikembangbiakkan.

8. Lauk komet

ikan kometIlustrasi. Ikan hias air tawar, ikan bintang berasap (Foto: iStockphoto/praisaeng)

Ikan bintang berekor serupa dengan ikan mas bendari karena umumnya berwarna lembayung dan kudrati, tetapi tidak punya tubuh nan melingkar melembung. Lauk ini justru memiliki tubuh yang panjang dengan ekor nan terkirai-kirai seperti komet.

Semula, ikan ini dikenal hidup di perairan adv minim dan bendungan terbabang di area Amerika sejak 1800-an. Cuma di era modern, lauk ini dipelihara di kerumahtanggaan akuarium perumpamaan ikan hias karena memiliki warna yang cantik.

Iwak komet populer perumpamaan iwak solek air batil karena mudah dipelihara. Selain itu, ikan ini mudah ditemukan dengan harga yang nisbi murah.

9. Lauk botia

Ikan botia merupakan ikan hias air tawar asli Indonesia. Tepatnya, berasal dari Sumatera dan Kalimantan.

Ikan ini ialah keseleo suatu ikan hias yang paling terkenal kerumahtanggaan perbisnisan nasional. Justru, pun diekspor ke berjenis-jenis negara di dunia.

Lauk botia memiliki ciri fisik bercat terang seperti kuning dan oranye dengan motif bercat hitam, seperti mana lorek. Hal ini takhlik ikan botia kembali dikenal umpama botia maung. Ikan ini punya bodi nan janjang.

10. Ikan black ghost

Ikan solek yang sekali lagi naik daun untuk dipelihara di palung ikan merupakan ikan black ghost. Seperti namanya, ikan ini berwarna hitam dan tubuh lonjong dengan bagian bawah tubuh yang berkibar sebagaimana mambang.

Selain itu, ikan ini juga agak pemalu sehingga camar berenang terkoteng-koteng, meski memiliki kebalikan sejenis di internal palung ikan. Meski serupa itu, iwak black ghost ki ajek cocok kerjakan dipelihara di akuarium bersama dengan lauk solek air batal lainnya.

Ikan black ghost memiliki adat nokturnal ataupun aktif di lilin batik hari. Belaka, tetap tergolong pemalu atau tidak seagresif ikan-iwak hias lain.

Ikan hias air tawar ini pecah dari perairan Sungai Amazon. Iwak black ghost merupakan salah satu ikan rias air tawar yang tahan lama karena punya semangat strata selingkung 10-15 tahun jika tepat pendirian merawatnya.

Itulah sejumlah ikan solek air tawar yang dapat dipilih lakukan dipelihara di akurium di flat.

(uli/juh)



[Gambas:Video CNN]


Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220928144457-282-853781/10-ikan-hias-air-tawar-yang-sering-dipelihara-di-akuarium-rumah

Posted by: gamadelic.com